Tentang Pulang


Kenapa sering pulang beberapa bulan ini?


Sejak tahun 2013, kedua putri mereka sama-sama merantau untuk menuntut ilmu. Jarak yang cukup jauh ditambah kesibukan di kampus membuat kami jarang bisa pulang ke rumah. Terkadang liburan panjang pun tidak bisa lama-lama di rumah. Di rumah hanya tinggal orang tua berdua. Ibu bilang rumah terasa sepi jika siang hari. Bapak baru pulang kerja pukul 6 sore.

Selesai kuliah, ada kesempatan untuk freelance beberapa saat. Aku ambil kesempatan itu, tidak peduli sementara dengan pertanyaan orang. Kerja dimana? Dipikiranku yang penting tidak merepotkan orang tua. Aku masih bisa memenuhi kebutuhan sendiri.

Aku tahu tidak akan pernah bisa membalas pengorbanan mereka. Bukan uang yang membuat mereka bahagia. Beberapa bulan ini aku sempatkan waktu untuk pulang. Membawa hadiah juga banyak cerita. Menebus sedikit kerinduan selama bertahun-tahun. Meminta ridho mereka untuk perjalananku selanjutnya. Bukankah ridho Allah terletak pada ridho orang tua?

Mari pulang. Sebelum sibuk kembali dengan pekerjaan. Sebelum sibuk kembali dengan perjalanan. Sebelum bertambah tempat lain untuk pulang.


Ditulis di kereta Sawunggalih Pagi, perjalanan dari Jakarta menuju Kebumen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner di Jalan Alor, Kuala Lumpur

Car Free Day Antara Olahraga dan Wisata Kuliner

Wisata Keluarga ke Pantai Suwuk, Kebumen