Dari Kampus Perjuangan Pulang ke Tanah Kelahiran




Hari ini saya datang ke UI Goes to Kebumen XV mewakili Yayasan Iluni Perhimak UI. Tidak terasa sudah ke 15 kalinya UI GTK ini diadakan. Ketika memasuki Gedung Juang, ingatan saya kembali ke awal tahun 2011. Ketika itu saya masih duduk di bangku peserta. Masih belum yakin dimana akan melanjutkan kuliah. Ketika selesai bedah kampus, teman saya mengajak foto memakai jaket kuning. Foto itu akhirnya saya cetak dan tempel di kamar. Di bawah foto, saya tulis Laras Wijayanti, Mahasiswa Program Studi Jepang Universitas Indonesia 2011. Beberapa bulan kemudian, tulisan harapan itu menjadi kenyataan.

Saya beruntung saat itu diperkenalkan teman-teman yang menemani di tanah rantau. Pengganti keluarga di masa-masa adaptasi awal kuliah. Perhimak UI begitu dekat dengan saya hingga tahun kedua kuliah. Menemani saya bertumbuh di kampus perjuangan. Semoga tidak terus terlupakan ketika sudah wisuda dan mandiri.

Waktu cepat sekali berlalu. Delapan tahun berlalu, banyak hal yang sudah terjadi. Beberapa bulan yang lalu akhirnya saya betul-betul lulus dari Universitas Indonesia untuk kedua kalinya. Datang ke UI GTK mengingatkan pada mimpi-mimpi dulu. Hari ini bertemu dengan beberapa orang yang mengingatkan saya untuk kembali berkontribusi pada tanah kelahiran setelah dua tahun berpetualang. Apapun yang dilakukan nanti semoga menjadi ikhtiar untuk memanfaatkan masa muda sebaik-baiknya.

 Foto bersama Nisa (Komunikasi, 2011) dan Icha (Teknik Sipil, 2013)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner di Jalan Alor, Kuala Lumpur

Car Free Day Antara Olahraga dan Wisata Kuliner

Wisata Keluarga ke Pantai Suwuk, Kebumen