Nekat Akhirnya Suka Beneran

Terima kasih untuk Bapak Ibu yang telah percaya pada pilihanku

Kata Bapak jika dirangkum mungkin begini “Apapun yang kamu pilih yang penting kamu harus mau bekerja keras. Jalan ini mungkin akan sunyi. Belajarlah dan beri manfaat pada orang lain. Hidup ini seperti menjadi bekal untuk pulang”



Oke, setelah tulisan sebelumnya bahas tentang pilihan S2, sekarang gue pengen iseng nulis adaptasi studi lintas keilmuan. Sebenernya nulis ini gara-gara lagi lelah dengan revisi proposal tesis. Ah, andai nulis tesis selancar nulis curhatan ini. Haha. Buat yang kadang tanya gimana kuliahnya (cie, mau banget ditanya ya Ras) , semoga tulisan ini agak menjawab ya.

Awal masuk kuliah, untungnya ada matrikulasi dulu sebanyak 6 pertemuan (eh atau 7 ya, maafkan agak lupa). Nah, materi matrikulasi ini semacam pengantar sebelum kuliah yang sebenarnya. Karena ga semua mahasiswa itu studi S1nya linier dengan S2nya. Salah satu contohnya gue. Ada juga anak hukum, akuntansi, pertanian, dan lain-lain. Matrikulasi ini bikin gue menyadari kalau banyak yang gue ga paham.  Maklum gue bukan anak Kessos atau Fisip sebelumnya. Apalagi  masih fresh graduated yang pengalamannya masih dikit banget (apalagi belum ada pengalaman kerja saat itu). Istilah di Kessos banyak yang gue ga ngerti. Duh gimana nasib kuliah gue.

Masa adaptasi pun dimulai. Gue punya waktu setahun alias 2 semester buat belajar materi di kelas sebelum semester 3 dan 4 nulis tesis. Sebenarnya gue bukan tipe orang yang rajin-rajin amat dalam belajar kok. Ada beberapa hal yang gue lakuin buat mencoba lebih memahami ilmu kesejahteraan sosial:
1. Jangan minder. Sebelum orang percaya ke lo, lo harus percaya sama diri sendiri dulu. Semuanya akan baik-baik aja, asal kita mau berusaha. Eits, berdoa jangan ketinggalan ya. Kalau ada yang ga ngerti, gue mah senyum-senyum aja, ga perlu dibawa stress. Ntar abis kelas coba cari tahu.  Sampai pertengahan semester satu, kalau ditanya gimana kuliahnya, gue jawab Alhamdulillah udah agak paham istilah-istilah di Kessos. Paham istilah-istilah aja udah bikin gue seneng. #BahagiaItuSederhana Haha
2. Jangan hanya ngandelin materi di kelas doang. Waktu di kelas ga banyak buat memperdalam materi-materi yang belum kita tahu. Coba belajar mandiri dengan banyak baca buku di luar buku wajib mata kuliah, baca jurnal (manfaatin akses jurnal internasional yang disediain sama kampus), ikut workshop di luar kampus. Tugas-tugas banyak yang bikin tulisan jadinya perlu banyak-banyak baca referensi buat analisisnya makin mantap.
3. Jangan malu tanya kalau ada hal yang ga ngerti. Kalau mau ujian biasanya nanya-nanya materi dulu sama temen yang paham. Belajar bareng buat review materi cukup efektif buat gue. Apalagi gue tipe orang yang susah hafal teori-teori. Kalau musim ujian, gue kadang ampe ngungsi ke kosan temen ampe nginep berhari-hari. Makasih loh Ifa, Putri udah menampung gue di kosan kalian.
4. Jangan malu-malu sama dosen. Nah, jangan malu tanya-tanya sama Ibu atau Bapak Dosen. Tanya di luar kelas juga boleh. Kadang ada hal yang kita bingung ampe berhari-hari, eh dengan singkatnya dosen menyelesaikan kebingungan itu (terbuksi dengan kasus tesis gue)
5. Terapin ilmu yang udah dipelajari di kuliahan. Nah. teori dan kenyataan di lapangan sering ga beriringan. Karena teori itu kebanyakan nerangin kondisi yang sangat ideal. Padahal kenyataan di lapangan banyak tantangan yang harus bisa kita kompromi. Jangan cuma jago teori aja ya  #selfreminder

Jadi kira-kira begitulah yang terjadi selama satu tahunan ini. Semoga tulisan ini jadi pengingat nyelesain tesis ya. Jangan jadi deadliner mulu. Tobat Ras!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner di Jalan Alor, Kuala Lumpur

Car Free Day Antara Olahraga dan Wisata Kuliner

Wisata Keluarga ke Pantai Suwuk, Kebumen