Writer’s Block

Beberapa hari ini kebetulan mempunyai kesempatan untuk diskusi dengan beberapa teman mengenai penelitian. Ternyata salah salah satu masalah dalam menulis adalah tidak mulai menulis. Terlalu memikirkan banyak hal hingga akhirnya semakin bingung  saat akan menulis. Sebenarnya mulai saja, kita akan menemukan jalan saat memulai. Jika menemukan masalah, kita bisa menyesaikan satu persatu. Nikmati saja prosesnya.

Bagaimana kalau malas menulis?
Mempunyai teman yang saling mengingatkan menurut saya penting. Jika sedang tidak mood menulis biasanya saya mengajak teman untuk bertemu untuk diskusi ataupun mengerjakan bersama-sama. Kalau punya anggaran bisa sekali-kali di kedai kopi. Tapi kalau anggaran terbatas, perpustakaan bisa jadi pilihan yang tepat. Tetapkan target bersama kapan akan menyelesaikan tiap bab tulisan. Jika melanggar kesepatakatan mungkin bisa tentukan apa hukuman yang akan didapat.

Bulan Juli lalu saya mendapat tips untuk menghadapi kebuntuan menulis  saat mengikuti workshop penulisan di MBRC FISIP UI. Mungkin bisa dicoba.

7 Ways to Overcome Writer’s Block By: Chuck Sambuchino

1. Step away from whatever you’re writing and do anything that’s creative
2. Do freewriting
3. Move your body
4. Eliminate distractions
5. Write early in the morning
6. Write while you sleep
7. If nothing else works: the Glass-of-Water Technique

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner di Jalan Alor, Kuala Lumpur

Car Free Day Antara Olahraga dan Wisata Kuliner

Wisata Keluarga ke Pantai Suwuk, Kebumen