Betah di Kuala Lumpur?

Tiga minggu tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia. Ini mungkin jadi rekor terlama tinggal di kota selain Kebumen dan Depok. Beberapa kali mengunjungi kota itu cukup membantu beradaptasi dengan kota ini. Apa yang membuat kota ini menarik buatku? Pertama, macet di Kuala Lumpur masih menusianya, semacet-macetnya kendaraan masih bisa jalan. Kuala Lumpur merupakan pusat perdagangan atau bisnis di Malaysia sedangkan pusat pemerintahan ada di Putrajaya. Pemisahan ini mungkin salah satu faktor kenapa Kuala Lumpur tidak semacet ibukota Jakarta. Pilihan transportasi juga banyak di antaranya bus, grab, monorel, MRT, LRT, dan lainnya. Walaupun kota yang ramai namun masih cukup teratur untuk berjalan-jalan.
Kalau belanja bagaimana? Kuala Lumpur punya store brand-brand international yang cukup lengkap. Yang paling banyak ditanyain sama temen-temen biasanya kosmetik atau skincare. Dari harga lumayan cukup terjangkau jika dibandingkan dengan di Indonesia. Selain itu, banyak diskon yang membuat harga jauh lebih murah. Emangnya Laras suka belanja? Enggak sih, cuma nemenin aja haha.
Kalau makanan bagaimana? Awalnya kaget sama porsi makanan di Malaysia. Asli porsinya banyak banget, mungkin karena banyak orang India, Pakistan, Bangladesh yang porsi makannya juga banyak. Alhasil kalau makan di Malaysia penuh perjuangan kalau ngabisin makanan. Jatang banget bisa ngemil karena udah kekenyangan makan besar. Aslinya sih nggak terlalu suka makan kari. Tapi demi bertahan hidup hehehe, ya udah lah makan aja. Kalau makan pastikan pilih restoran halal ya. Ada tiga golongan penduduk yang paling banyak di Malaysia di antaranya Cina, Melayu dan India. Restoran Melayu menjual makanan halal, Cina sebagian besar non halal sedangan India ada halal dan non halal. Restoran India Muslim dikenal dengan Warung Mamak yang biasanya buka 24 jam.
Terus apa saja destinasi di Kuala Lumpur? Kita bahas di tulisan selanjutnya ya....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner di Jalan Alor, Kuala Lumpur

Car Free Day Antara Olahraga dan Wisata Kuliner

Wisata Keluarga ke Pantai Suwuk, Kebumen