Curhatan tentang Bisnis

Sekitar dua tahun, gue belajar tentang bisnis. Sampai sekarang gue belum bisa bilang kalau gue seorang pebisnis, entrepreneur ataupun wirausahawan. Masih ngerasa belum layak, masih perlu banyak belajar. Ditambah masih asyik menikmati dunia kampus, setidaknya sampai lulus magister. Selama ini, dunia bisnis mengajarkan banyak hal. Salah satunya berdamai dengan ketidakpastian dan meminimalisir resiko. Gue juga lebih mengenal diri sendiri dan lingkungan. Karena bisnis berkesempatan ketemu dan belajar dengan orang-orang yang inspiratif.
Beberapa hal yang tidak mengenakkan pernah gue alami. Pernah ngerintis bisnis sendirian, untung sih tapi susah berkembang. Akhirnya, gue sadar kalo gue tipe orang yang lebih kerja bagus kalau berada dalam tim. Pernah bikin tim akhirnya bubar karena perbedaan visi. Pernah juga bubar karena sibuk masing-masing dan beda prioritas. Pernah dapet project yang tiba-tiba dibatalin secara sepihak. Pernah keluar dari tim karena fokus skripsi.
Setahun akhirnya menemukan jalan di social entrepreneurship. Asli, ga pernah nyangka sebelumnya. Sejujurnya gue tipe orang yang bahagia ketika ngasih perhatian ke orang. Seneng kalau bisa ngasih kebahagian buat orang lain. Kenapa akhirnya milih Heart of Spora? Selama  S1, gue belajar tentang konsep One Village One Product di Jepang. Ini inspiratif banget buat gue. Gue percaya kalau setiap daerah punya potensi masing-masing yang kalau diolah bisa mensejahterakan rakyatnya. Kearifan lokal itu sesuatu yang harus kita lestarikan. Anak muda dituntut mampu berinovasi dan terlibat dalam pelestarian. Pelestarian ga cuma menjaga supaya tetap ada namun gimana biar potensi itu bisa bermanfaat baik secara ekonomi ataupun sosial buat masyarakat.

 Gue bukan orang yang pengen menyelesaikan semua masalah. Gue cuma pengen apa yang gue pelajari bisa ngasih manfaat walaupun belum banyak. Gue tahu apa yang gue lakuin belum ada apa-apanya saat ini. Tapi, gue percaya besok itu ditentukan apa yang kita lakuin hari ini. So, jangan berhenti belajar. Secapek apapun berjuang jangan berhenti apalagi mundur. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner di Jalan Alor, Kuala Lumpur

Car Free Day Antara Olahraga dan Wisata Kuliner

Wisata Keluarga ke Pantai Suwuk, Kebumen